25 Komentar

Internet : Bebas dan Beretika

internet dan etika

 ……

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna internet di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran / pengetahuan informasi dan data secara ekstrem.

Internet sekarang dengan bebas dapat kita akses, mengambil berbagai informasi didalamnya maupun memberikan informasi yang kita punya. Serba bebas, tanpa batas, itulah informasi di Internet. Tetapi ketika ada pertanyaan, apakah pengguna Internet juga menjadi serba bebas? Belum tentu. Ketika manusia berkomunikasi, sekalipun menggunakan piranti digital tanpa tatap-muka, masalah perasaan tak pernah ditanggalkan. Dan komputer paling canggih pun tak akan mampu untuk menangani masalah perasaan tersebut.

Internet hanya sebagai alat saja, kita tetap perlu suatu rasa untuk menjaga kebebasan ber-internet. Yah perasaan itu disebut etika. Etika adalah suatu sikap dan perilaku yang menunjukkan kesediaan dan kesanggupan seseorang secara sadar untuk mentatati ketentuan dan norma kehidupan yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat atau suatu organisasi, dalam hal ini kita kaitkan dengan dunia maya (internet) maka etika sangat perlu karena internet menyambungkan berbagai bahasa, bangsa, dan agama.

Etika ber-internet disebut Netiquette. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Berikut ini beberapa aturan umum Netiquette :

1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti kalian, dapat dimulai dari mengamankan komputer kalian, dengan memasang anti virus atau personal firewal.

2.Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga kalian dengan mudah mengunggah data pribadi kalian. dan kalian harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang kalian tuju telah dijamin keamanannya

3. Hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:

a. Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian nomor kartu kredit.
c. Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
d. Jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
e. Ingatlah bahwa kita berinteraksi dengan manusia. Jangan lupa bahwa orang yang membaca email atau posting kita benar-benar manusia yang memiliki perasaan.
f. Ingatlah bahwa standar perilaku di dunia nyata berlaku pula di dunia maya.
g. Ketahuilah di mana Anda berada di dunia maya.
h. Hargailah waktu dan bandwidth orang lain.
i. Jangan membuat bingung pembaca.

Ingat internet juga terdiri dari kumpulan pengguna Internet yang entah ada di mana, berapa umurnya, bagaimana wataknya, dan sebagainya. Menghadapi dunia macam ini, semestinya kita berlapang dada. Dan ada baiknya juga bertanya pada diri sendiri, kita ingin diperlakukan seperti apa dan apa yang kita lakukan kepada orang lain.

Sekali lagi, masalah etika dalam dunia maya kembali kepada diri kalian masing-masing dan semua adalah tanggung jawab kalian sendiri. Terserah apapun yang ingin kita lakukan yang terpenting adalah tidak merugikan orang lain.

Referensi : Wikipedia
Sumber gambar : disini


Link terkait :

Baca juga yah :

25 comments on “Internet : Bebas dan Beretika

  1. Pertamax!
    and fast reading… *hag hag

  2. Banyak info bisa diperoleh dari internet, walaupun sifatnya seperti air bah. Saking banyaknya sampai kita bingung sendiri mana yang bakal dipakai 🙂

  3. masih anget untuk di balik baca salam kenal

  4. Betul sekali. Setujuh! kalau perlu sedelapan, sesembilan dan seterusnya. Terutama pada poin: ‘standar perilaku di dunia nyata berlaku pula di dunia maya’. Kita bisa melihat karakter seseorang dari apa yang dituliskan, seperti kita memahami seseorang dari apa yang dikatakannya.

Komentar kamu kami tunggu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: