31 Komentar

Telat Mikir : Penyebab dan Cara Mengatasinya

telmi

 

…..

“To ngerti kan?” terus selalu gue jawab “Eh apa yah tadi, coba ulangi”, dia ulangi gue terbengong-bengong dan lantas berkata “Owwh coba ulangi lagi dong”. Kemudian bekas merah panas ada dipipi gue. Dan kami putus.

Telat mikir atau telmi adalah sebutan untuk sebagian orang, contohnya gue, yang lambat dalam proses pemikiran yang pasti terjadi di dalam otak. Telmi ini terjadi secara tiba-tiba ketika orang tersebut hendak berpikir akan sesuatu hal tapi pikirannya malah buntu selama beberapa saat, dan disaat kemudian pikirannya nyambung lagi. Pemikiran yang telat saat menyikapi sesuatu hal ini sangatlah mengganggu kegiatan sehari-hari. Yah kan?.

Apasih penyebabnya ?. Ada ngga solusinya ?. Ayo kita bahas lebih lanjut.

Kemampuan berpikir, tingkat kecerdasan atau daya ingat sangat tergantung pada kondisi jaringan otak. Dr.Douglas J.Herrmann, dalam bukunya Super Memory menyatakan, makin baik seseorang memperlakukan jaringan otak, makin baik pula jaringan otak memperlakukan ia. Kesehatan yang buruk, lelah, kekurangan gizi, dan penggunaan unsure kimia secara sembarangan, dapat mengakibatkan kinerja daya ingat menjadi buruk. Hal yang paling jelas, namun sering terabaikan, cara untuk meningkatkan efisiensi sistem daya ingat ialah dengan memperbaiki keadaan fisik.

Fungsi otak bisa mengalami kemunduran, gejalanya seperti mudah lupa atau telat mikir. Penyebabnya bisa karena usia bertambah tua, kecelakaan, penyakit tertentu seperti Alzheimer, serta penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Fungsi otak sangat tergantung pada aliran sirkulasi darah. Terganggunya suplai darah ke otak, meskipun dalam beberapa detik, menyebabkan otak di daerah yang tak teraliri darah akan rusak, bahkan bisa menyebabkan stroke dan kematian. Ternyata hambatan aliran darah ke otak tidak hanya menyebabkan “telat mikir”, tetapi bisa berdampak lebih serius.

Cara mengatasi telat mikir yang gue coba dan semoga kalian juga bisa coba (menurut beberapa sumber) :

1. Mainkan puzzle

main puzzle untuk menghindari telmi

Dalam sebuah survei yang digelar University of Alabama terhadap hampir 3.000 pria dan wanita, mereka yang berpartisipasi dalam 10 sesi latihan pendongkrak otak selama 60-75 menit, mampu menajamkan kemampuan mental mereka sehingga otak berfungsi layaknya orang yang berusia 10 tahun lebih muda. Untuk memainkan puzzle, mulailah dengan jenis yang mudah lebih dulu. Begitu kemampuan kamu meningkat, cari jenis yang lebih menantang. Puzzle yang berhasil gue mainkan adalah puzzle yang 4 dan 8 biji puzzle nya, yang lainnya belum sanggup hehe.

2. Tertawa

tertawa untuk menghindari telmi

Tawa bukan saja merupakan obat terbaik, ia juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan kalian tertawa setiap harinya. Simpel kan?, liat video atau tontonan lucu, kalo ngga coba liat postingan di aiendyu.com *eh promo*.

3. Olahraga

olahraga untuk menghindari telmi

Olahraga dipercaya mampu menangguhkan penyakit dementia (kemunduran otak), selain dapat membalikkan penuaan otak. Tim dari Beckman Institute, University of Illinois, baru-baru ini mempelajari kembali berbagai studi yang pernah dibuat, dan mendapati bahwa latihan aerobik dapat mendongkrak kecepatan dan ketajaman otak, serta menambah volume jaringan otak. Kamu bisa mencoba jalan cepat selama 50 menit, tiga kali seminggu, untuk mendapatkan efek perkembangan otak ini. Para peneliti University of Michigan juga mendapati bahwa orang yang biasa jalan cepat di taman yang dikelilingi pepohonan juga mampu meningkatkan memorinya sebanyak 20% daripada yang berjalan pagi di jalan raya. Gue juga sering olahraga terutama lari, lari-lari di hati kamuuuu.

4. Mempelajari bahasa baru

bahasa baru untuk menghindari telmi

Mempelajari bahasa baru dapat sindrom dementia sampai dengan empat tahun menurut artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan perdaran darah dan koneksi saraf yang baik. Gue sempat belajar dari seekor kodok dan beberapa cicak di dinding rumah, mereka sampai ada yang mendadak mati karena ngajarin gue. Si kodok terlindas ban motor gue, karena gue kira dia bilang “jalan terus to” ternyata dia bilang “awas ada gue bego”.

5. Pergi berjalan kaki

jalan kaki untuk menghindari telmi

Tidak ada yang dapat mengalahkan udara segar yang dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Sebuah perjalanan di pinggiran kota, dekat sungai atau sekedar di taman akan membantu kamu menyingkirkan awan kelabu dan membantu pikiranmu tetap jernih. Ini sering gue lakukan dulu saat gue nggak punya kendaraan, sekarang pun terancam begitu, BBM naik soalnya. Terimakasih pemerintah udah mendukung progress menghilangkan telmi gue *niatnya satir*.

6. Konsumsi Ginkgo biloba

ginkgo biloba untuk menghindari telmi

Iklan nutrisi untuk memperbaiki kinerja otak, supaya terhindar dari telat mikir, mudah lupa atau pikun makin marak, baik di media cetak atau elektronik. Kalau ditelaah, bahan utama nutrisi tersebut hampir sama, yaitu ekstrak tumbuhan Ginkgo biloba.  Ginkgo merupakan tumbuhn yang hidup di kawasan sub tropis seperti Eropa, Cina, Amerika Tengah dan Amerika Utara. Di Cina sudah dimanfaatkan sejak 2.800 tahun yang lalu. Khasiatnya antara lain menurunkan kadar lemak darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Ginkgo mempunyai kemampuan menerobos pembuluh darah yang paling sempit dan paling kecil, untuk member makan jaringan yang kekurangan oksigen di otak, jantung dan bagian tubuh lainnya. Selain itu Ginkgo mempunyai aktivitas antioksidan, seperti vitamin A, C dan E dapat menghambat daya kerja radikal bebas yang merusak sel tubuh.

.

Gimana?. Semoga gue dan kalian (yang ngerasa telmi juga) tetap istiqomah ngilangin ke-telmiian ini yah. Salam telmi untuk Indonesia hebat. Eh ditutup pake tebakan aja yah. Tel tel apa yang dipake buat hubungi orang?. Hayo apaaaaaa, hayo apaaaa?. Iya benar sekali, telepon *jayus mode on*.

…..

Sumber :
Materi : materi 1, materi 2, materi 3
Gambar : disini

Link terkait :

Baca juga yah :

31 comments on “Telat Mikir : Penyebab dan Cara Mengatasinya

  1. Baru denger ada Gingko Biloba ._.
    Makasih banyak atas postingannya ^^

  2. Bagus n lengkap sekali informasinya, terima kasih telah berbagi. Monggo sowan ke blogku di http://www.selvy-erline.blogspot.com

  3. Keren bang tulisannya.. Sangat bermanfaat 🙂 Mulai ngeblog tahun berapa gan?

  4. Saya akhir-akhir ini sering banget telmi. Mungkin dulu juga telmi tapi yang sekarang lebih parah. Jadi kuncinya olah raga ya. Baik lah…. 🙂

  5. Ginkgo biloba memang makanan untuk mengatasi konsentrasi. Bagus tipsnya. terima kasih.

  6. main game perang2an nggak termasuk yah 😀

  7. good artikel bro, sekalian promoin blog ane ya bro, lowongan kerja migas dan tambang, hampir tiap hari update http://kaltimlowongan.com/

  8. Patut dilaksanakan, nih. 😀

  9. thanks gan infonya! sangat membantu di musim hujan yang bawaanya pengen tidur hahhaha *curhat

  10. Reblogged this on firalinda and commented:
    Sangat Membantu sekali.

  11. Baru tau kalo tertawa jg bisa mengatasi telat mikir 😀 nice info 🙂

  12. sip deh, nanti dipraktekin jurusnya satu-satu

  13. temen aku yang telminya bikin orang gondok, sering banget ketawa, berlebihan pula, jalan kaki dan olahraga juga sering sama aku. tapi kok tetep aja telmi, kenapa ya?

  14. Ijin copas… thank menghibur ni sbg salah seorang yg pernah dikatain telmi.

  15. Ginkgo biloba ? Baru denger tuh 😱,
    Mudah”n bisa dapet itu obat

Komentar kamu kami tunggu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: