4 Komentar

10 Makanan Pengusir Rasa Panik

makanan pengusir kepanikan

Lanjutin posting sebelumnya yah. 😀

Panik sebenarnya adalah kondisi alami pada setiap orang. Panik dalam kadar ringan yang datang hanya sesekali, adalah hal biasa. Tapi, jika cemas atau panik datang berulang dalam kadar tinggi, sehingga aktivitas kerja kamu terganggu, sebaiknya kamu waspada. Pasalnya, ada kemungkinan, panik kamu sudah menjadi gangguan klinis.

Tiga dari empat penderita gangguan panik adalah wanita. Wanita karier seringkali mengalami panik. Gangguan panik yang parah bisa berujung pada agoraphobia (fobia berada di tengah banyak orang). Penderita agoraphobia sering takut tanpa alasan jelas, bila dirinya berada di tempat terbuka atau harus keluar dari rumah.

Jika kamu sering mengalami gejala kepanikan, ini berarti suatu gangguan. Berikut adalah makanan yang bisa berpengaruh untuk meredakan gejala kepanikan, cekidooot :

1. Yogurt

 

Yogurt

Yogurt merupakan susu yang sengaja dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Yogurt bisa dibuat dari susu hewani maupun nabati, termasuk di dalamnya susu kedelai. Namun dalam proses produksi jaman modern sekarang ini paling banyak dibuat dari susu sapi.

Kandungan probiotik pada yogurt mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, yogurt kaya akan kalsium dan kalium yang bisa memperbaiki suasana hati. Jadi, konsumsi yogurt setiap hari agar kamu semakin gembira dan mengurangi rasa panik yang menyerang.

2. Gandum

gandum

Gandum adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat sebagai sumber pangan pengganti beras. Sebagai embrio (cikal bakal) tanaman gandum, disinilah tersimpan berbagai zat gizi yang ia perlukan untuk tumbuh. Oleh karena itu, intisari gandum merupakan bagian yang kaya akan berbagai zat gizi dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan.

Karbohidrat sehat pada gandum akan meningkatkan kadar serotonin, hormon yang bisa menghindarkan kamu dari rasa panik, cemas, dan depresi. Gandum juga mampu membuat tubuh memproduksi folat lebih banyak yang bisa meningkatkan perasaan senang setiap saat.

3. Telur

telur

Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar). Jangan remehkan sumber protein yang satu ini, sebab kandungan lain pada telur seperti vitamin D dan vitamin B12 akan membantu menyeimbangkan suasana hati.

4. Teh hijau

teh hijau

Teh hijau adalah sejenis teh yang dibuat hanya dari daun Camelia sinensis, yang mengalami oksidasi minimal sepanjang proses pembuatannya. Teh hijau berasal dari China, dan dikaitkan dengan kebudayaan Timur. Teh hijau disajikan dengan cara merendam daun teh hijau dalam air panas di cawan. Tergantung kualitas teh, semakin baik kualitasnya maka semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk merendamnya.

Teh hijau mengandung kafein. Kandungan kafein tersebut akan berkurang sebanding dengan lama waktu perendaman dan suhu air yang digunakan. Selain itu, teh hijau juga mengandung teofilin dan teobromin. Ganti minuman tidak sehat harian kamu dengan teh hijau. Selain mengandung kafein yang aman dan mampu memperbaiki suasana hati, teh hijau juga merupakan ‘teman baik’ dari program diet.

5. Salmon

salmon

Salmon merupakan ikan dari famili Salmonidae, salah satu jenis ikan berminyak yang hidup di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Ikan ini didapatkan dengan cara ditangkap di alam liar atau dibudidayakan. Salmon kaya akan omega 3 yang baik bagi hati dan otak. Bukan hanya itu, kandungan vitamin B12 pada salmon ampuh mengurangi rasa panik yang kamu alami dan meningkatkan suasana hati yang lebih baik.

6. Alpukat

alpukat

Alpukat merupakan buah yang sering kita jumpai. Buah berwarna hijau ini sering dimanfaatkan untuk jus atau bahan dalam es campur maupun hidangan lainnya. Rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukainya. Buah serbaguna ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi manusia. Ada banyak zat yang kaya manfaat yang terdapat di buah ini. Alpukat mengandung vitamin E, nutrisi tersebut dapat menjaga kamu untuk selalu merasa lebih tenang dan tenteram.

7. Bayam

bayam

Jumlah mikronutrisi dalam sayuran hijau sangatlah tinggi, termasuk vitamin A, vitamin K dan folat, serta mangan dan zat besi. Salah satu vitamin yang tinggi jumlahnya di bayam adalah vitamin C, yang mampu mengurangi stres yang kerap mengganggu.

Ketika kamu mengalami stres, kelenjar adrenal, dimana hormon stres tersimpan akan mengalami kehilangan vitamin C dengan cepat. Nah, mengonsumsi bayam bisa menggantikan vitamin yang hilang tersebut. Jadi, saat kamu stres, cobalah untuk makan bayam yang terbukti menyediakan lebih banyak nutrisi. Jika kamu kurang menyukainya, kamu bisa menyulap bayam segar dengan sedikit kreatifitas menjadi makanan yang mantab.

8. Brokoli

brokoli

Ketika kamu stres, tubuh akan mengalirkan hormon yang dapat memengaruhi mood kamu. Sayuran hijau bisa memproduksi serotonin, hormon yang dapat mengendalikan, menenangkan dan menyeimbangkan perasaan dan pikiran kamu.

Selain jeruk, vitamin C juga bisa ditemukan di brokoli. Tak hanya itu, vitamin A juga banyak terkandung dalam sayuran hijaunya yang bertanggung jawab untuk mengatur stres sehari-hari. Ketika mood kamu kacau, brokoli siap memperbaikinya. Sayuran super ini akan membantu menggantikan nutrisi yang hilang. Kamu bisa juga menyantapnya dengan tambahan saus atau menggorengnya dengan tepung.

9. Asparagus

Asparagus
Antioksidan dan vitamin menjadi faktor penting untuk mengusir stres dan panik. Dan asparagus termasuk sayuran yang tinggi antioksidan. Asparagus juga mengandung tritofan, asam amino yang penting yang digunakan tubuh untuk memproduksi serotonin.

Tritofan dalam asparagus dapat membantu kita mendapatkan tidur berkualitas dan menjaga mood.

10. Seledri

seledri

Kemampuan seledri untuk menurunkan tekanan darah telah terbukti sejak lama. Nah, kamu juga mesti tahu kegunaan seledri lainnya, yaitu membuat kamu merasa tenang.

Seledri mengandung phthalides, senyawa yang dapat membuat otot-otot arteri menjadi lebih rileks. Senyawa ini mengatur aliran darah yang memungkinkan pembuluh darah membesar, sehingga mengurangi tekanan darah. Gejala seperti ini sering sekali terjadi saat seseorang mengalami stres.

…….

Segera nikmati makanan-makanan bernutrisi tersebut di atas untuk mengurangi perasaan panik yang kamu alami.


Sumber : Disini dan disini


Link terkait :

Baca juga yah :

4 comments on “10 Makanan Pengusir Rasa Panik

  1. makanan yg bikin ga panik adalah makanan yang sudah dimakan lalu lihat dompet ternyata ada isinya dan cukup untuk membayar makanan yang sudah dimakan itu 😀

  2. Biasanya kalau lagi panik atau stres saya biasanya makan pisang atau coklat hehehe
    Tapi teh hijau juga enak itu bener2 bisa menenangkan apalagi aromanya itu ^^

Komentar kamu kami tunggu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: