41 Komentar

Hari Baik Itu Baik ???

hari baik itu baik

Minggu ini banyak pernikahan yang terjadi di Indonesia. Undangan disebar dimana-mana, baik tetangga, teman, sahabat, musuh dan terutama mantan.  Di Dumai (daerah tempat gue kerja sekarang) saja ada beberapa undangan pernikahan yang gue terima. Salah satu teman malah cerita kalo keluarga dia dapat 7 undangan pernikahan di hari yang sama. Ada apakah ini?.

Usut punya usut, mereka percaya bahwa minggu ini penuh hari baik. Eh bukan hari nya jadi baik, hari tetap senin s/d minggu kok. Tapi hari itu menjadi baik untuk menggelar suatu acara. Dan lihatlah Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pun memilih minggu ini untuk menikah. Dan saat gue menyaksikan pernikahan mereka secara live di TRANS (Televisi Raffi Ahmad Nagita Slavina). Ketika diwawancara, mereka berdua berujar kenapa memilih menikah di hari itu karena, “Kami memilih menikah di hari ini karena hari ini adalah hari baik”. Padahal hari itu hari jumat loh #ehngaco.

Ternyata, sudah menjadi keyakinan sebagian masyarakat yang masih percaya dan meyakini hari-hari atau bulan-bulan tertentu yang bisa mendatangkan suatu kesialan, kemudharatan dan musibah. Mereka sebisa mungkin menghindari hari-hari atau bulan-bulan tertentu untuk melakukan suatu aktivitas yang dianggap penting dalam kehidupannya. Dan memilih hari atau bulan selain bulan yang telah ditentukan sebagai musibah tersebut.

Dalam kitab Primbon dituliskan bahwa setiap hari memiliki karakter atau watak yang berbeda-beda. Dengan mengetahui watak hari tersebut, dapat menentukan kapan hari atau saat yang tepat untuk melaksanakan suatu hal atau kegiatan sehingga dapat tercapai tujuan yang kita harapkan.

Bagi orang-orang dulu, mengikuti jadwal hari baik dan naas dalam kehidupannya bukan hal sulit. Sebab segala macam keterbatasan masa lalu menyebabkan mobilitasnya rendah. Sedangkan kita manusia zaman sekarang, berada dizaman yang serba cepat. Bagi pegawai/karyawan/siswa yang kalendernya berbasis masehi, tidak mengindahkan lagi kaidah hari baik dan hari naas. Sehingga mobilitas manusia modern membuatnya lebih fokus pada rutinitas ketimbang menciptakan keseimbangan kosmis.

Sebenarnya semua terserah kepada kita untuk percaya atau tidak akan hari baik/tidak baik itu. Lebih baik berserah diri kepada-Nya saja. Kita toh yang berusaha biar Tuhan yang menentukan apa/bagaimana yang terbaik untuk kita.

“Jika harimu ingin baik maka awali hari mu dengan kebaikan” 
Kapril Yanto, 22th, seorang mantan dari gadis penyuka permen.

Link terkait :

Baca juga yah :

41 comments on “Hari Baik Itu Baik ???

  1. Benar mas. Dan bahkan mereka yang sudah sukses pun masih banyak yang percaya hal seperti ini kok. Pengalaman dulu pas mau launching produk baru di kantor harus itung hari baik.

  2. “Kapril Yanto, 22th, seorang mantan dari gadis penyuka permen”

    Ya allooh, apus sih tulisan mantannya..mau seberapa lama lagi jadi pasang embel2 mantaan?
    Life must go on. Mup on doong! :p

    Kalau mantan sudah tertinggal jauh di belakang, jangan dibawa-bawa lagi ngapa. C’mon, you are A MAN, dan pria harusnya tidak lakukan itu. Ayolah, kamu bisa dapetin banyak, mau 1,2,3, atau 4, masih boleh kok, Pril.

    Wkakkaka. Abis ini di-block sama Yanto :-))
    Peace. ^^v

  3. Ternyata ada tekniknya ya hehee

    Kunjungan pertama tandapetik.com. Mampir-mampir ke blogku ya. Salam kenal

  4. semua hari adalah baik :

    jadi ikutan lihat kalimat terakhir…. D

  5. Tiap tgl 20an itu hari baik, dapat jatah dari kerjaan 😀

  6. Jadi inget saya juga dulu itung-itung hari baik sampai-sampai konflik internal 😀 … Well tapi ya ikuti saja lah demi menghormati budaya…. 🙂

  7. Ia sih semua hari itu baik, yang nggak baik itu ya pas dijalaninnya aja dan tergantung niat juga ya mas. Hehehehe, hidup hari yang selalu baik (nyari orang yg namanya Hari, hihi)…

    **btw, tulisan yg paling bawah itu bikin gak fokus dah, tapi gpp kok. Bikin hariku jadi (sedikit) lebih baik**

  8. absurd bgt, ya semua hari itu hari baik, lucu bgt bnyk yg comment kalimat terakhir…menurutku justru bagus, tandanya move on bangga dengan status “ke-mantanannya” hehe, so tinggal cari yang lain lg yg lebih baik, ga mungkin balik lg k mantan kan? hehee

  9. Emang lagi musim kawin, gw juga dapet banyak undangan dan setiap dateng ke kondangan semakin membuat gw sedih

  10. kalo aku diajari masbojo..boleh milih hari baik, karena nabi juga milih hari baik untuk puasa
    tapi emang brasa gak logis ya..milih2 hari

Komentar kamu kami tunggu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: