15 Komentar

Ngantuk Disaat Kerja ??, Ini Solusinya …

ngantuk saat kerja

Hoaaaammm…

Selamat sore para pembaca yang rajin membantu ibu membersihkan tempat tidurnya. Gimana kamarnya? sehat bukan?. Kali ini otak gue masih agak bener loh, itu mungkin karena efek pembahasan serius kemarin. Mengapa?, karena setelah pembahasan kemarin otak gue akhirnya diservis, terus terus  ganti oli dan akhirnya instal ulang. Oh iya, kita bahas kata pertama dari posting ini  yuk “Hoaaaammm...” yaitu menguap tanda mengantuk. Sering nggak dari kalian merasakan ngantuk? apalagi pas jam kerja? kalo kalian tanya gue, akan gue jawab dengan bisik-bisik,“iyaaaaaa”, kenapa bisik-bisik? soalnya takut didengar si Bos hehe.

Ngantuk adalah hal yang lumrah terjadi apalagi disaat di kantor ga ada kerjaan, pasti tambah ngantuk ya kan. Mau contoh? yang buat posting ini lah salah satu contohnya #curhat. Karena udah jadi Ngantukers (orang penggiat ngantuk), gue berusaha ntuk berubah dan gue harap para Ngantukers yang lain bisa berubah juga #GoGoPowerRangers. Gue cari lah, browsing, dan akhirnya ketemu beberapa cara untuk menghilangkan rasa kantuk, ya minimal bisa ngurangin lah. Apa aja? ini dia, jeng jeng jeng *buka layar*:

1. Bangun dari kursi dan jalan-jalan sejenak

Jalan-jalan

Jika Anda bekerja di meja, sering-seringlah untuk berjalan-jalan sebentar. Baik di luar gedung saat jam makan siang atau di gedung tempat Anda bekerja, akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar. Kalo cara ekstrimnya versi gue adalah coba geh Anda keluar gedung kantor terus lari-lari kecil, terus anda sekalian ngambil dompetnya orang sehingga muncul teriakan bergema-gema disana sini, “Maliiiiing-maliiiiiing”. Wuihh, syahduu, dijamin ga ngantuk lagi.

2. Istirahatin si Mata

hey, mata istirahat yah

Nongkrong di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks. Cobalah Pakai mata cadangan di tubuh Anda, apa? yups benar, Mata Kaki #ngawur.

3. Pilih Cemilan Yang Sehat

cemilan bukan cepuluh

Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti: 1. Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri 2. Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar 3. Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak. Kalo ga ada cemilan, yah cepuluh aja #EHitusembilan.

4. Ngobrol Dengan Rekan Kerja

ngobrol dengan teman kerja

Jika Anda tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran anda rileks sejenak. Bicaralah dengan rekan kerja tentang bisnis, politik, atau agama. Yang lebih ekstrim untuk ngilangin rasa kantuk versi gue, ajaklah rekan kerja Anda ngobrol tentang kejelekan bos tepat dihadapan si Bos dan anggaplah si Bos tidak mendengarkan apa yang kalian obrolkan. Dijamin deh Anda tidak akan lagi ngantuk disaat kerja, karena mulai hari itu anda tidak punya pekerjaan #ngaco.

5. Tambah Penerangan Di Dalam Ruang Kerja

wuih terang banget

Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Kalo perlu pasang lampu jalan diruangan Anda. Kan bisa sekalian jalan-jalan si lampunya #absurdyah.

6. Tarik Nafas Dalam-Dalam

tarik napas dalam dalam

Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi. Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda dapat melakukannya di meja Anda. Duduk tegak, cobalah latihan ini sampai 10 kali :

* Dengan satu tangan di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dada Anda, tarik napas dalam melalui hidung Anda dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar. Dada Anda tidak boleh bergerak.

* Tarik napas melalui bibir seolah-olah Anda bersiul. Anda dapat menggunakan tangan di perut Anda untuk membantu mendorong udara keluar. Teknik lain disebut merangsang napas, digunakan dalam yoga untuk meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan.

Caranya : Tarik dan hembuskan napas secara cepat cepat melalui hidung. Mulut Anda tetap tertutup tapi santai. Lakukan teknik napas ini dengan tempo singkat, yakni tiga kali dari setiap siklus dalam satu detik. Lalu setelahnya, bernapaslah dengan normal. Anda dapat melakukannya sampai 15 detik untuk pertama kali dan untuk berikutnya tambahkan lima detik setiap kali melakukannya hingga mencapai satu menit. Anda tidak bisa narik napas?, sini biar gue tarikin napasnya, khusus cewek yah biar sekalian kita menarik kursi pelaminan agar lebih dekat, Eaaaa #ModusMedianMean.

7. Alihkan Tugas Untuk Stimulasikan Pikiran

main game saat kerja, hush ga boyeh :D

Pada 2004, peneliti Finlandia mempelajari orang-orang yang bekerja shift malam (jam 12). Mereka menemukan bahwa pekerjaan monoton sama berbahayanya karena mengurangi waktu tidur dan menurunkan kewaspadaan. Cobalah melakukan tugas yang berbeda di rumah atau di tempat kerja saat mengantuk. Atau beralih ke tugas lain yang lebih menarik ketika Anda merasa mengantuk. Kalo gue sih main game saat bekerja, ga baik ya? baiklah jangan ditiru yah tapi dicontoh #ehsamaajah.

8. Minum Air Putih

mium air putih yang banyak yah

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran. Jangan Anda mendiskripskan air putih itu adalah susu, seperti gue dulu, air putih itu adalah air mineral #semuaorangsudahtahu.

9. Tidur Siang Sejenak Hilangkan Kantuk

hmm nyenyak

Ada dua hal yang perlu diingat tentang tidur siang: Jangan tidur siang lebih dari sekali, atau mendekati waktu tidur Anda. Tidurlah antara 5 sampai 25 menit. Waktu tidur siang sebaiknya enam atau tujuh jam sebelum Anda biasa akan pergi tidur. Jika Anda ingin istirahat hampir saat jam tidur, istirahatlah lebih pendek. Jika Anda perlu tidur siang di tempat kerja, lebih baik jangan tidur di meja. Jika Anda tidak dapat tidur, beristirahatlah dengan menutup mata selama 10 menit atau lebih. Kalo tidur anda harus bangun yah, abis itu tidur lagi yah, bangun lagi, tiduuuuuuur lagi #VivaMbahSurip.

Sekian tips-tips mengatasi rasa ngantuk disaat kerja versi mbah gugel dan rekayasa genetika keabsurdan gue. Semoga tips-tips ini dapat berguna bagi manusia penggiat kerja ketika mengantuk di kala kerja, terutama gue. Eh tapi kan gue bukan penggiat kerja, eh emang gue manusia juga yah *mandangincerminyangreatak*.

Gue : “Makasih atas kunjungannya kaka”, dan terus kalian jawab : “emang gue kakak lo”,.

 


Link terkait :

Baca juga yah :

15 comments on “Ngantuk Disaat Kerja ??, Ini Solusinya …

  1. Aku kalau ngantuk paling bikin kopi hitam 1 gelas gede…

  2. Soal minum air banyak2 tuh bener banget deh. Soalnya jd pengen bolak balik toilet terus kena air terus jd gak ngantuk. Kecuali kalo bakat tidur di toilet sih.
    Akhir2 ini tiap jam istirahat aku usahain bobo ciaaang. Hihi

  3. kalo saya mending pergi ke mesjid untuk solat,dan sehabis solat tiduran deh bentar dimesjid 😀

  4. wah pas banget komennya hihihi 😀

  5. eh sorry, maksud saya ppas banget postingannya. Kok malah komennya ia? ehehe efek ngantuk juga kayaknya nih

  6. no 3 itu cemilanku tiap hari mas 🙂

  7. Alhamdulillah saya kerja d rumah. Jadi kalo ngantuk bgt ya tidur aja. Hehehe
    tapi bagus infonya. Buat anak kuliahan yang sering ngantuk bisa juga di coba

  8. basuh muka dengan air.. 😀

Komentar kamu kami tunggu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: