11 Komentar

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan ???

Beberapa Tips Menaikkan Berat Badan

Punya masalah atau problem berat badan secara berlebih memang mengerikan, itu sangat mengganggu segala kegiatan kita sehari-hari, menjadikan gerakan kita seperti terbebani suatu hal yang sangat berat, dan akhirnya pasti akan cepat lelah. Masalah berat badan juga memperburuk suatu penampilan menjadikan penampilan tidak sedap dipandang mata dan masalah berat badan ini erat kaitannya dengan yang namanya “Lemak”. Lemak yang mengendap di badan kita, yaitu di daerah perut, lengan, paha, dan organ tubuh lainnya menjadi tambahan terhadap berat badan. Dan cara mengurangi lemak atau boleh juga dinamakan cara Menurunkan berat badan secara alami harus di lakukan demi mendapatkan tubuh ideal.

Banyak hal dalam menurunkan berat badan, dan itu semua juga harus berkesinambungan antara langkah demi langkah, maksutnya secara teratur dan semua harus dilakukan agar langkah Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun sebelum ke langkah inti yaitu cara menurunkan berat badan perlu kalian ketahui berapa berat ideal seharusnya dan berikut cara menghitung berat badan ideal.

1. Berat Badan Ideal (BBI) bayi (anak 0-12 bulan)
BBI = (umur (bulan) / 2 ) + 4

2. BBI untuk anak (1-10 tahun)
BBI = (umur (tahun) x 2 ) + 8

3. Remaja dan dewasa
Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) x 90%

Keterangan:
Tinggi badan (cm)

Misal untuk dewasa/remaja bila memiliki tinggi 150 cm.
Berat Badan Idealnya adalah (150 – 100) X 90% = 45 kg.

Dan apabila hasilnya :

  • Kelebihan Berat Badan / Overweight = Hasilnya 10% sampai 20% lebih besar
  • Kegemukan / Obesitas / Obdsity = Hasilnya lebih dari 20% dari yang seharusnya
  • Kurus = Hasilnya 10% kurang dari yang seharusnya,

Jadi apabila kalian mengalami yang nomer 1 dan 2 perlu mengambil langkah ini yaitu cara menurunkan berat badan secara cepat supaya mempunyai berat badan ideal demi menjaga kesehatan dan penampilan.

Nah berikut ini adalah Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, cekidooot :

1. Meningkatkan Waktu untuk berolahraga

nomor 1

Apabila kalian mempunyai jadwal olahraga yang rutin, tambahkan porsi dan waktu untuk berolahraga. Sedang untuk kalian yang tidak mempunyai jadwal rutin, secepatnya bisa datang ke gym. Dan bisa menggunakan elliptical trainer kira-kira + 40 menit dalam waktu 5 hari, Disamping itu manfaat ini bisa membuat badan lebih sehar dan segar.

2. Hindari Minuman yang mengandung soda

nomor 2

Pada 1 botol kecil minuman bersoda mengandung 250 kalori yg semua berasal dari gula. Dan dampak dari seringnya minum-minuman yang bersoda bagi wanita kemungkinan besar akan terkena obesitas, diabetes atau osteoporosis. Serta minuman bersoda ini tidak ada kandungan vitamin.

3. Jauhi Junk Food

nomor 3

Jungk food atau makanan cepat saji erat hubungannya dengan lemak. Dengan terbiasa makanan cepat saji ini pasti berat badan anda akan semakin berlebih, maka dari itu jauhi makanan jenis Junk Food demi mendapatkan berat badan ideal.

4. Berusaha Mengurangi Porsi Makan

nomor 4

Mengurangi sedikit porsi makanan tiap hari, ini bisa dilakukan secara bertahap hingga setengah porsi dari kebiasaan sebelumnya.

5. Makan sedikit tapi lebih sering

nomor 5

Makan sedikit tetapi lebih sering lebih baik dari pada makan banyak tetapi jarang yaitu makan 5 x sehari tetapi dengan porsi kecil membuat metabolisme tubuh lebih baik serta membantu cara menurunkan berat badan. Jadi dengan makan lebih sering dengan porsi kecil menjadikan kalian tidak mudah lapar sehingga membendung rasa lapar dan nafsu makan yang berlebih.

6. Banyak Buah dan Sayur

nomor 6

Menggantikan makanan camilan dengan buah dan sayur sangat disarankan bila kita sedang ingin menurunkan berat badan, selain itu buah dan sayuran juga baik buat kesehatan karena mengandung gizi dan vitamin yang dibutuhkakn oleh tubuh.

7. Minum Air Putih sebelum Makan

nomor 7

Meminum air putih sebelum makan bisa mengurangi rasa lapar, sehingga bisa mengurangi kadar porsi makan kalian. Selain itu air putih juga bermanfaat meningkatkan metabolisme pada tubuh.

8. Mengganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

nomor 8

Dengan mengganti karbohidrat putih dengan karbohidrat kompleks yang berasal dari nasi merah akan semakin mempercepat proses pembentukan penurunan berat badan. Karbohidrat ini memerlukan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Selain Nasi merah yang mengandung karbohidrat kompleks adalah, kentang (rebus), kacang-kacangan dan roti gandum.

9. Jauhi Makanan yang Digoreng

nomor 9

Makanan yang digoreng sangat erat dengan menyimpan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penimbunan lemak berlebihan di dalam tubuh. dan sebaiknya makanlah makanan dengan cara direbus, panggang, pepes, kukus atau sup.

Demikian tips Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami semoga bisa menjadi panduan anda dalam proses penurunan berat badan, demi mendapatkan tubuh yang ideal dan langsing. Selamat mencoba ya 😀  *lagi ngaca sambil elus-elus perut*

Sumber : Disini

Link terkait :

11 comments on “Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan ???

  1. Tinggi Badanku 168cm, BBku=73,4kg…hiksss 😆

  2. olahraga gak sekedar olahraga lho… ada juga yang olahraganya kenceng tapi berat badannya gak turun-turun.

    Olahraga yang cepat menurunkan berat badan adalah lari subuh dengan perut kosong. Kenapa harus subuh dan perut kosong? karena semalaman perut kita beristirahat sehingga energi yang dibakar dari lemak dan gula dalam darah tidak segera tergantikan.
    Beda jika kita lari dalam keadaan perut terisi, energi yang dibakar dari gula darah dan lemak cepat tergantikan oleh makanan yang ada dalam perut.

    Olahraga pun juga harus kombinasi antara high dan low impact. MIsalnya lari pelan selama 5 menit kemudian sprint, lalu kemudian jalan dan jangan membuat pattern sehingga tidak memberi kesempatan tubuuh untuk membuat pola pembakaran energi.

    duu saya gendut banget, tp skrg langsing 🙂

    • Wah, hebat2, bener tuh,
      Wah patut dicontoh nih,
      *ngelus perut*

    • saya juga pernah menerapkan seperti itu, tapi hanya setahun bertahan, efeknya nanti yoyo. awalnya memang cepat turunnya tapi ada saatnya nanti ritmenya menurun karena tubuh kita “memberontak”. kalo masih 20-an gak kerasa, tapi untuk yg sudah 30-an ke atas kaya saya nih (metabolisme udah mulai menurun), itu kerasa banget loh

      solusinya saya temukan, ternyata di pengaturan asupan nutrisi. setelah itu bener baru olahraga. gak perlu berat2 banget dan intensitasnya tinggi. jika kedua variabel ini tidak diabaikan maka turun berat badan itu mudah sekali. bahkan sebenarnya hanya dengan mengatur nutrisi (bukan membatas loh ya) itu bisa turunnya cepat (yg turun body fat loh bukan massa otot), tapi saya tetap berpedoman jika olahraga tidak bisa dikesampingkan

      yg saya lakukan adalah food combining dan lalu meningkat ke raw food. yg ini bukan diet, gak ada pembatasan makanan hanya kapan harus dimakan, dimakan bersama apa dan apa yg harus dibanyakin jika kita mengonsumsi makanan tertentu, misal mau steak 1 porsi maka sayurannya harus 3 porsi lebih banyak

      😀

  3. wahhh ini baru proses om… kalau tidak salah berat saya 64kg padahal idealnya 61,2 kg… 😀 http://goo.gl/dnn2LV

  4. Berat badan saya masih stabil aja di 50 kg dr dulu -,- *padahal udah makan banyak*

Komentar kamu kami tunggu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: